Senin, 21 November 2016

GUGUS FUNGSI



GUGUS FUNGSI
Gugus fungsional (istilah dalam kimia organik) adalah kelompok gugus khusus pada atom dalam molekul, yang berperan dalam memberi karakteristik reaksi kimia pada molekul tersebut. Senyawa yang bergugus fungsional sama memiliki reaksi kimia yang sama atau mirip. Beberapa contoh gugus fungsi yakni :
     
a. Haloalkana
Penamaan haloalkana sesuai dengan penamaan alkana, letak atom halogen dituliskan sesuai letak nomor atom C yang mengikatnya.
Contoh:
CH3I    iodometana atau metil iodida
CH2Cl diklorometana atau metilena klorida
b. Alkohol
kelompok senyawa karbon yang memiliki gugus fungsi hidroksil (-OH) dengan rumus umum R-OH atau CnH2n+1OH. Senyawa ini mempunyai nama IUPAC alkanol karena dianggap sebagai urutan alkana dengan mensubstitusi satu atom H dengan gugus –OH. Untuk penamaan -na dirubah menjadi -nol.
R – OH
c.  Alkoksialkana (Eter)
Senyawa eter sering diberi nama dengan nama umum, yaitu dengan menyebutkan nama gugus-gugus alkil yang diikat oleh atom O diikuti kata eter.  Jika dua gugus alkilnya sama, sering diawali dengan kata di (terkadang tidak dengan awalan di). Dalam sistem IUPAC, eter diberi nama sebagai alkoksialkana.
Mempunyai struktur R – O – R .
Contoh:
CH3–O–CH3   metoksimetana atau dimetil eter (metil eter)
CH3–CH2–O–CH3      metoksietana atau etil metil eter
d. Alkanal (Aldehida)
senyawa karbonil (-C=O), merupakan singkatan dari alkohol dehidrogenatus. Senyawa ini dianggap turunan dari alkana sehingga disebut alkanal dan mempunyai rumus umum CnH2nO. Aldehid dapat diperoleh dengan jalan oksidasi alkohol primer. untuk tatanama yaitu akhiran -na ditambahkan -l menjadi -nal.
 Contoh:
     O
     ||
H–C–H
 metanal (formaldehida)

e. Alkanon (Keton)
senyawa karbonil (-C=O). Senyawa ini dianggap turunan dari alkana sehingga disebut alkanal dan mempunyai rumus umum CnH2nO. Seperti halnya eter, R yang sama dengan R’ disebut katon sederhana, sedangkan R yang tidak sama dengan R’ disebut keton majemuk. R dan R' merupakan alkil.
Contoh:
       O
       ||
CH3CCH3
propanon (aseton)

f. Alkanoat (Asam Karboksilat)
Nama IUPAC : akhiran a pada induk alkana (rantai terpanjang) diganti dengan akhiran oat.
Nomor urut atom karbon dimulai dari gugus karboksilat (bernomor atom 1).
Kebanyakan asam karboksilat disebut sebagai nama umum (trivial). memiliki rumus umum CnH2nO2 atau R-COOH
Contoh:
     O
     ||
H–C–OH
asam metanoat (asam format)

g. Alkil Alkanoat (Ester)
Nama IUPAC : Awalan asam diganti nama gugus alkil pengganti H pada RCOOH diikuti nama gugus karboksilatnya. rumus umum CnH2nO2 atau R-COO-R’
Contoh :
     O
     ||
H–C–OCH3
metil metanoat (metil format)

h. Amida
Amida adalah suatu jenis senyawa kimia yang dapat memiliki dua pengertian. Jenis pertama adalah gugus fungsional organik yang memiliki gugus karbonil (C=O) yang berikatan dengan suatu atom nitrogen (N), atau suatu senyawa yang mengandung gugus fungsional ini. Jenis kedua adalah suatu bentuk anion nitrogen.
Nama IUPAC : AKHIRAN “-oat” atau “-at” dalam nama asam induknya diganti dengan kata “amida”

 Contoh:
CHCONH2 = metanamida

i. Amina
Amina adalah senyawa organic yang mengandung atom nitrogen trivalent yang mengandung atom nitrogen trivalen yang berkaitan dengan satu atau dua atau tiga atom karbon, dimana amina juga merupakan suatu senyawa yang mengandung gugusan amino (-NH2, - NHR, atau – NH2). Gugusan amino mengandung nitrogen terikat, kepada satu sampai tiga atom karbon (tetapi bukan gugusan karbonil). Apabila salah satu karbon yang terikat pada atom nitrogen adalah karbonil, senyawanya adalah amida, bukan amina.
Rumus umum untuk senyawa amina adalah :
RNH2 atau R2NH atau R3N:
Dimana R dapat berupa alkil atau aril
Senyawa yang mengandung gugus NH2
 Strukrur :  RNH2
Jenis     : Amina primer (1o)
               Amina sekunder (2o)
               Amina tersier  (3o)




Daftar Pustaka



10 komentar:

  1. terimakasih untuk informasinya yang sangat membantu.alangkah lebih baik jika dilengkapi lagi untuk gambar struktur kimia nya ya pada bgian yang belum ada seperti alkohol dan haloalkana. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas sarannya, semoga kedepannya saya bisa lebih baik lagi..

      Hapus
  2. trimakasih atas informasinya,,tapi saya ingin bertanya untuk senyawa ester bagaimanakah sifatnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, untuk ester memiliki beberapa sifat seperti :
      1) Merupakan senyawa polar
      2) Titik didih ester lebih rendah daripada titik didih asam dan alkohol yang massa molekulnya hampir sama.
      3) Kelarutan ester dalam air lebih kecil daripada kelarutan asam dan alkoholnya. Ester yang berat molekulnya relatif rendah mudah larut dalam air.
      4) Berbau sedap dan digunakan dalam industri makanan.

      Hapus
  3. Terimakasih utk informasinya yaa.. Maaf sebelumnya saya mau bertanya apabila terjadi reaksi subtitusi terjadi pada gugus fungsi apakah dapat menyebabkan perubahan sifat fisika dr senyawa tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah, terimakasih. Menurut saya apabila terjadi reaksi subtitusi pada gugus fungsi maka dapat menyebabkan perubahan sifat fisika dari senyawa tersebut karena Gugus fungsi merupakan bagian yang reaktif dari suatu molekul sehingga gugus fungsi ini banyak menentukan sifat-sifat senyawa. terimaksih

      Hapus
  4. Terimakasih utk informasinya yaa.. Maaf sebelumnya saya mau bertanya apabila terjadi reaksi subtitusi terjadi pada gugus fungsi apakah dapat menyebabkan perubahan sifat fisika dr senyawa tersebut?

    BalasHapus
  5. Artikel yang bagus, Fida.
    Sementara, aku punya satu pertanyaan.
    Anda tau, dalam penamaan suatu senyawa, apabila ada dua gugus fungsi maka akan ada salah satu dari keduanya yang diutamakan. Nah, pertanyaannya adalah, apa yang mendasari hal itu?
    Thank you very much.

    BalasHapus
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  7. Mau tanya? Pengertian gugus amin itu apa ya?

    BalasHapus